Penentuan penghasilan

Untuk tujuan penentuan penghasilan kena pajak, terhadap suatu kelompok wajib pajak, jumlah penghasilan dapat di tentukan langsung atau tidak langsung. Penentuan tidak langsung dimaksudkan untuk kesederhanaan, kemudahan administrasi, pemberian kepastian kepada wajib pajak, dan menutup kemunghkinan rekayasa kemungkinan penghindaraan pajak.

Penghasilan dari cabang perusahaan luar negri atau BUT, di tentukan berdasarkan atribusi menurut fakta,( aktivitas yang dilakukan oleh BUT) dan force of attraction (aktivitas yang sbetulnya dilakukan oleh kantor pusat BUT).

Cakupan Geografis Penghasilan

Pajak penghasilan dikenakan atas penghasilan global (yang diterima atau diperoleh wajib pajak baik dari Indonesia maupun dari  luar Indonesia). Oleh karena itu, penghasilan dari aktivitas cabang, perwakilan atau agen di mancanegara harus dikonsolidasikan dengan penghasilan yang diterima atau diperoleh dari Indonesia. Tergantung dari kategori penghasilan luar negri yang diterima atau diperoleh wajib pajak, konsolidasi penghasilan dapat dilakukan secara akrual (penghasilan usaha atau per kas (penghasilan pasif, seperti deviden, bunga, royalty). Perkecualian terhadap konsolidasi akrual diberlakukan terhadap kerugian luar negri.

Penghasilan Dari Transaksi Antar-Perusahaan

PSAK No 7 buku SAK 1994 memberikan perlakuan akuntansi dengan pengungkapan dalam pelaporan keuangan kalau terdapat hubungan istimewa antar pihak-pihak yang bertransaksi. PSAK itu menyatakan, dalam laporan keuangan perlu diungkapkan pengaruh dari adanya hubungan istimewa itu agar pembaca laporan mendapat gambaran yang lengkap. Dalam ketentuan perpajakan, petunjuk adanya hubungan istimewa memungkinkan administrasi pajak untuk melakukan perhitungan kembali terhadap harga yang dibebankan atas transaksi antar-pihak.  Alasan dari perhitungan kembali untuk mencari penghematan pajak global, dapat terjadi bahwa harga yang dibebankan atas transfer barang atau imbalan yang diminta atas pemberian jasa antar-perusahaan tidak sama dengan  jumlah yang diminta dari pihak independen.