Kita ketahui semua kegiatan hidup kita semuanya diatur oleh pusat saraf, yaitu otak kita.   Karena semua perintah badan kita bersumber dari otak, sehingga apabila  otak sudah tidak dapat bekerja dengan baik atau bekerja tidak normal maka efeknya, kinerja kita dengan mudah terganggu. Tak jarang hal ini disebabkan kebiasaaan buruk  yang tidak kita sadari dan sudah berlangsung lama yang justru sebenarnya bisa merusak otak kita. Setidaknya ada 10 hal kebiasaan buruk yang merusak otak kita antara lain :

1. Kurang Asupan / Tidak Mau Sarapan

Sekarang ini banyak orang yang menyepelekan sarapan. Padahal tidak mengkonsumsi apapun di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Akibatnya masukan nutrisi pada otak akan berkurang, kalau sudah begini kemunduran kinerja otak sangat mungkin sekali terjadi. Sebagai pilihan terbaik saat sarapan yang terbaik di pagi hari adalah menghindari makanan berat seperti nasi goreng spesial, tetapi cukup air putih dan segelas jus buah segar.

2. Terlalu banyak Makan.

Terlalu banyak makan dapat mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun orang pada menurunnya kekuatan mental. Maka tidak salah kalau makanlah dalam porsi yang normal dan menahan diri dengan cara berhenti makan sebelum anda kekenyangan.Tentu dengan moment puasa saat ini, anda dapat terbantu dengan signifikan.

3. Merokok

Sudah bukan rahasia lagi jika rokok memiliki segudang efek buruk, semua orang pasti sudah tahu. Dan ada satu lagi efek buruk rokok yang terungkap di sini. Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak! Bayangkan jika, otak manusia lama kelamaan bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya karena rajin menghisap benda berasap itu. kemungkinan terburuk adalah, kita rawan alzheimer (alzheimer adalah penyakit pikun yang akan terus menurunkan kinerja otak sampai akhirnya tidak lagi mengingat apapun).

4. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula

Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu. Karena itu, kurangi konsumsi makanan manis favorit Anda. Atau konsumsi gula jagung sebagai pemanis alternatif.

5. Polusi Udara

Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien dengan kata lain memberatkan kinerja otak kita.

6. Kurang Tidur

Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. Tapi jangan juga terlalu banyak tidur karena bisa membuat Anda menjadi pemalas yang lamban. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari agar sehat dan bugar.

7. Menutup Kepala Ketika Sedang Tidur

Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.

8. Berpikir Terlalu Keras Ketika Sedang Sakit

Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak. Sudah tahu sedang tidak sehat, sebaiknya istirahat total dan jangan forsir otak Anda.

9. Kurangnya Stimulasi Otak

Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. Rajin membaca, mendengar musik dan bermain (catur, scrabble, dll) membuat otak Anda terbiasa berpikir aktif dan kreatif.

10. Jarang Bicara / Kurang Sosialisasi

Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi jangan terlalu bangga menjadi pendiam. Obrolan yang bermutu sangat baik untuk kesehatan Anda. Terutama obrolan yang sangat sesuai dengan passion kita akan semakin membantu meningkatkan kreatifitas otak.