Berikan contoh tindakan dari situasi benturan atau konflik kepentingan antara pegawai dan perusahaan minimal 4 dari 8 kategori situasi yang ada ???

1) Segala konsultasi atau hubungan lain yang signifikan dengan, atau berkeinginan mengambil andil di dalam aktivitas pemasok, pelanggan atau pesaing (competitor).

Contoh: pegawai yang memberikan informasi yang sifatnya rahasia terhadap perusahaan pesaing yang merugikan perusahaannya sendiri.

2) Segala kepentingan pribadi yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan.

Contoh:  pegawai yang mengambil uang perusahaan guna untuk kepentingannya pribadi tanpa persetujuan perusahaan.

3) Segala hubungan bisnis atas nama perusahaan dengan personal yang masih ada hubungan keluarga (family), atau dengan perusahaan yang dikontrol oleh personal tersebut.

Contoh:  melakukan kerja sama dengan perusahaan lain yang dimana dalam perusahaan lain tersebut terdapat orang yang masih memiliki hubungan darah sehingga perusahaan tersebut dikontrol 1 orang (monopoli bisnis).

4) Segala posisi dimana karyawan & pimpinan perusahaan mempunyai pengaruh atau kontrol terhadap evaluasi hasil pekerjaan atau kompensasi dari personal yang masih ada hubungan keluarga.

Contoh: memperkerjakan orang yang memiliki hubungan darah atau sanak saudara sehingga terdapat suatu nepotisme.

5) Segala penggunaan pribadi maupun berbagi atas informasi rahasia perusahaan demi suatu keuntungan pribadi, seperti anjuran untuk membeli atau menjual barang milik perusahaan atau produk, yang didasarkan atas informasi rahasia tersebut.

Contoh:  mengambil rahasi perusahaan guna membantu mengambil keputusan namun informasi tersebut sebenarnya hanya boleh diketahui oleh pihak yang berwenang saja.

6)  Segala penjualan pada atau pembelian dari perusahaan yang menguntungkan pribadi.

Contoh:  menjual asset perusahaan dimana uang penjualan tersebut masuk ke kantong milik pribada.

7) Segala penerimaan dari keuntungan, dari seseorang / organisasi / pihak ketiga yang   berhubungan dengan perusahaan.

Contoh:  menerima uang dari perusahaan lain atas kerjasama illegal maupun pemeberian informasi rahasia.

8) Segala aktivitas yang terkait dengan insider trading atas perusahaan yang telah go public, yang merugikan pihak lain.

Contoh:  melakukan penjualan saham atau surat berharga lain tanpa persetujuan perusahaan.